Kapan Anak / Bayi Boleh Mulai Mengkonsumsi Madu?

Meskipun madu mengandung nutrisi sehat dan alami yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun sebaiknya jangan diberikan kepada bayi yang berusia kurang dari 12 bulan. Madu dapat berisi spora dari bakteri Clostiridium botulinum, yang dapat berkembang di sistem pencernaan yang belum sempurna pada bayi dan menyebabkan botulisme (penyakit sejenis kekakuan otot yang disebabkan oleh bakteri Clostiridium botulinum) pada bayi yang bisa berakibat fatal.

Spora bakteri ini biasanya tidak berbahaya untuk orang dewasa dan anak-anak berusia di atas 1 tahun, karena pada usia tersebut biasanya ada mikroorganisme yang ditemukan dalam usus untuk menjaga bakteri tumbuh.

Untuk lebih amannya sebaiknya jika bayi Anda masih di bawah 1 tahun hindarilah memasak dengan madu apalagi mengkonsumsi madu secara langsung. Dalam suhu panas yang tinggi biasanya spora bakteri tersebut mati atau melemah sehingga tidak berbahaya. Makanan komersial yang mengandung madu mungkin aman untuk bayi Anda karena telah dipanaskan dalam suhu yang cukup untuk membunuh spora bakteri tersebut.

Dengan demikian bisa disimpulkan alangkah baiknya kalau madu hanya dikonsumsi untuk bayi di atas usia 1 tahun. Kalau pun ingin memberikan pada bayi di bawah 1 tahun harus dengan hati-hati dan alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter anak atau ahli anak lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *